3 Cara Mudah Menyusun Materi yang Sistematis

Sebagian diantara Anda saya yakin ada yang berprofesi sebagai penulis ataupun sekedar hobi menulis meskipun masih tahap menulis status di sosial media (hehe…). Namun saya yakin bahwa setiap manusia ingin gagasan dan idenya diterima serta dihargai.

Menulis telah mengantarkan beberapa orang menjadi tokoh dunia dan mengubah peradaban. Dengan tulisan-tulisan mereka juga kita mengenal dunia lebih luas. Sering saya sampaikan dan ulangi, “Jika engkau ingin mengenal dunia membacalah, jika ingin dunia mengenal Anda menulislah”

Kita semua tentu tahu diantara banyak cara mudah pasti terdapat satu cara yang paling mudah, termasuk dalam menuangkan ide. Sehingga manusia selalu memilih jalan yang lebih mudah dan setiap manusia menginginkan hasil yang terbaik. Tidak terkecuali Anda dan saya. Bahkan para penulis hebat pun sama. Sehingga sangat tepat sekali bahwa dalam artikel kali ini saya berbagai tips bagaimana menmbuat suatu artikel, tulisan, naskah, hingga materi presentasi yang benar-benar sistematis. Agar mudah dipahami, saya rangkum menjadi tiga langkah wajib.

Pertama, tentukan tema atau judul tulisan. Hal ini bisa menyangkut tema acara yang hendak Anda berikan presentasi, ataukah ingin dikenal sebagai penulis maupun pemateri dari pembahasan apakah diri Anda. Maka pastikan bahwa yang hendak Anda tulis merupakan hal yang bermanfaat, menarik, dan dapat dipraktekkan oleh orang lain.

Kedua, metode mind mapping. Ambil secarik kertas dan alat tulis minimal 3 warna, pakai spidol warna-warni juga makin keren. Tuliskan topic atau judul tulisan di tengah-tengah kertas dan berilah beberapa cabang misal lima cabang. Tidak harus lurus karena ini bukan ujian. Tidak ada kata salah dalam membuat mind map. Masing-masing cabang berilah tiga atau beberapa jari. Tanpa ragu atau penghapus, coba Anda tuliskan pada masing-masing cabang hal-hal yang berkaitan dengan judul. Bisa berdasar definisi judul pembahasan (What), alasan seberapa penting pembahasan Anda ini (Why), dan bagaimana solusinya (How). Artinya Anda sudah punya modal hal apa yang hendak ditulis di setiap paragraf atau alinea.

Berikutnya pada masing-masing jari di setiap cabang dapat Anda tuliskan segala hal dalam bentuk kata-kata maupun simbol (gambar sederhana) mengenai topik pembahasan dalam paragraf. Sehingga Anda kini sudah memiliki bayangan tiap kalimat dalam paragraf membahas tentang apa.

Ketiga, metode brain storming alias badai otak. Apa lagi itu?! Cara sederhana dengan menuliskan dalam secarik kertas kata-kata, istilah, maupun frasa sebanyak mungkin yang berkaitan dengan materi presentasi yang hendak kita tulis atau buat. Boleh 20, 30, atau mungkin lebih. Simple bukan?!

Nah, dari melaksanakan tiga tips sederhana di atas Anda telah mengatasi krisi ide sehingga Anda sudah panen ide apa saja yang hendak dituliskan menjadi susunan kalimat, paragraph, atau malah menjadi buku. Dengan membaca Anda akan mengenal dunia. Dengan menulis buku maka dunia akan mengenal Anda. Tunggu apa lagi? Salam Mindset Hebat!!

Tuliskan artikel (Farouk Amsyari-Pakar Mindset)

Farouk Amsyari narsum workshop kepenulisan bersama PERPUSDA PROBOLINGGO-Jawa Timur membaca dan menulis jendela dunia-Farouk Amsyari

Iklan

15 thoughts on “3 Cara Mudah Menyusun Materi yang Sistematis

  1. Trisna Firmansyah berkata:

    mau dong Farouk Amsyari – Public Speaker ngisi motivasi pra-UN, MOS, PondokRomadhan, pas wisuda, training spiritual, istighosah, or tentang Tujuan Hidup d SMAN4Surabaya

    apalagi kalo juga ngajari public speaking 😉

  2. Febri Mardian berkata:

    mau dong Farouk Amsyari – Public Speaker ngisi motivasi pra-UN, MOS, PondokRomadhan, pas wisuda, training spiritual, istighosah, or tentang Tujuan Hidup d SMAN4Surabaya

    apalagi kalo juga ngajari public speaking for teens 😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s