4 Tips Mudah Hadapi UN 2015 by Pakar Mindset

السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

みなさん、おげんき?
minasan, ogenki?
apa kabar semuanya?

Farouk Amsyari harap kabar baik untuk kita semua (eh,bukan iklan ekstrak kulit duren lho ya)…

#PakarMindset kali ini ingin berbagi tips untuk kawan-kawan murid les LBB Mars maupun pelajar se-Indonesia yang punya gawe menghadapi UN 2015 beberapa bulan lagi… Nmun bukan berarti #SahabatSukses yang bukan pelajar nggak boleh baca… justru mungkin bermanfaat untuk putra-putrinya, keponakan, saudara, tetangga, teman, atau justru sangat membantu untuk meningkatkan manajemen kualitas diri ^_^

Artikel ini muncul atas keprihatinan kami bahwa UN dari tahun ke tahun menjadi momok. Mulai dari stress, nangis karena takut tidak lulus, bahkan yang jauh lebih berbahaya adalah ketidakjujuran diri dalam mengerjakan soal ujian. Nilai dan ijasah mungkin bisa dikelabui, namun kejujuran ialah karakter yang berharga dan sangat dibutuhkan peradaban ini.

Sekedar cerita, bahwa peserta Ujian Nasional tingkat SMA aja nih, tahun pelajaran 2012/2013 lalu diikuti sebanyak 1.581.286 siswa se-Indonesia. Dari jumlah tersebut, yang lulus sekitar 99,48% atau sebanyak 1.573.039 siswa sedangkan jumlah siswa yang tidak lulus mencapai 0,52 persen atau sebanyak 8.250 siswa. Meski banyak yang lulus dan berijasah namun mengapa negeri ini masih krisis kepemimpinan?! Bisa jadi karena nilai mereka belum 100% cerminan kualitas ilmu mereka.

Nah, agar siap UN dengan jujur dan bermental juara…berikut saya bagi 4 Cara Mudah Hadapi UN 2014…

Farouk Amsyari-Motivator Persiapan UN

Training Pra UN bersama pelajar Surabaya

Farouk Amsyari-Motivator Trainer Laris untuk pelajar LDKS SKI dan training pra UN

Farouk Amsyari agenda DIKNAS JATIM

Farouk Amsyari-PakarMindset-TrainingMotivasi Pelajar dan Motivasi persiapan UN

Rekonstruksi Mindset untuk meraih prestasi sejak dini

 

Pertama, Perbaiki Mindset Berpikir

Buanglah asumsi negatif tentang ujian nasional, dan yakinlah bahwa UN hanya jurang sempit yang harus kita loncati untuk menuju ke jenjang yang lebih tinggi. So ngapain takut!!!

Satu diantaranya bisa dengan afirmasi teraphy : Ambil selembar kertas dan 5 hal saja yang tidak kamu sukai atau takutkan mengenai UN maupun belajar. Saat menuliskannya, bayangkan segala permasalahan tersebut telah kamu pindahkan dalam lembaran kertas tersebut. Remas-remas kertas tersebut seraya bergumam perlahan maupun dalam hati, “Wahai masalah besar, aku punya Tuhan yang Maha Besar yang selalu membantuku untuk berhasil”. Bayangkan segala unek-unek kamu sudah berpindah seraya kamu membuang remasan kertas tersebut ke tong sampah. Lakukan tiap kali badmood saat hendak belajar. #MoveOn

Kedua, Atur Jadwal Belajar

1×12=12 dan 12×1=12

Namun belajar selama satu setiap hari selama dua belas hari akan jauh lebih berdampak dibanding hanya satu kali belajar dan langsung 12 jam. Setuju apa sembilan? Hehe…

Buat jadwal sederhana atau target sederhana asalkan dilakukan secara kontinyu (terus-menerus). Misal target jika sehari mengerjakan 5 soal latihan dalam seminggu sudah 35 soal. Artinya 1825 soal sudah dikerjakan selama setahun. Beda cerita jika belajar 40 soal perhari tapi belajarnya hanya seminggu menjelang UN.

Atau model jadwal belajar lainnya bisa dengan trik Senin belajar mapel Bahasa Indonesia, Selasa belajar Matematika, Rabu belajar Bahasa Inggris, dan Kamis belajar IPA. Simpel kan..?!

Ketiga, Atur Mood

Ciptakan suasana nyaman saat belajar serta tenangkan mood sebelum dan sesudah belajar.

Ruangan yang bersih, rapi, penerangan yang cukup, dan bebas dari gangguan suara saya yakin akan meningkatkan semangat belajar. Bila perlu seminggu sekali ajak temanmu untuk kerja kelompok di rumah atau juga di perpustakaan umum. Intinya, belajar iya, enjoy juga… mungkin beberapa diantara kita ada yang perlu menyediakan minuman ringan, cemilan, sambil rebahan badan di karpet, atau apalah.. Tapi ingat jangan sampai tidak jadi belajar karena begitu cemilan habis malah nggak belajar.. Hehehe….

Cara yang ketiga ini fungsinya agar otak berada pada frekuensi terbaik untuk menerima induksi ilmu, halah… (tinggi y bahasanya, maklum trainer profesional… xixixi 🙂

Keempat, Tingkatkan Iman

Begitu banyak sekolah menghasilkan orang pintar namun tidak semua menjamin akan menjadi orang benar. Dunia akan rusak jika teknologi dan ilmu dikendalikan orang tanpa kebaikan. Jadi naiknya kualitas ilmu dan iman jangan dipisah… #nantikangen 😀 )

Bagi yang muslim rajin sholat lima waktu aja tukang becak juga bisa, perbanyak juga ibadah tambahan seperti sholat tahajud dan sholat dhuha. Meski awalnya baru bisa dua rokaat saja.

Jika masih ada salah dengan orang lain jangan malu untuk meminta maaf. Mungkin kepada teman sebangku yang sering kita kerjain, guru yang sering kita ledekin, atau malah orangtua yang sering kita bo’oing… #yahKetauanDeh (sambil pake gayanya Komeng 😀 )

Sering-sering berdoa dan bersedekah juga ya… Alloh SWT. pasti menolong hamba-Nya yang senantiasa dekat dengan kebaikan… ^_^

Oke, itu dulu resepnya… dan resep sejitu apapun jika cuma dipantengin dan tidak dikerjakan sama aja… R,U,G,I …ok gan? Bungkus!

“Yang pasti tips jitu menghadapi Ujian Nasional ya BELAJAR, bukan malah sibuk update status di fesbuk… hehe…” *_*

Bukan Farouk Amsyari Kalo Ga’ B’canda Renyah…

Hanya sekedar guyonan penyemangat UN, jangan terlalu serius membacanya, sambil snyum juga boleh :)
simak deh:

  • Yang pasti sih, nulis nama, pastikan itu nama asli bukan nama FB, suka banyak yg alay masalahnya  # ^_^
  • Pastikan yg dibawa itu pensil 2B bukan pensil alis mama -__-“
  • Pastikan juga kamu melihat jadwal dengan benar, jangan sampe salah belajar Besok ujian Bahasa indonesia, malah belajar matematika -_-‘
  • Pakailah baju berkancing, sebab akan membantumu di saat kepepet :p
  • Tips menghadapi pengawas ujian: Masuk ruangan dengan tenang, jangan mencurigakan kalau perlu cium tangan dulu bolehlah
  • Kalau soalnya susah untuk dipecahkan, tidurlah. Mimpimu akan menjadi jawaban!
  • Jika mimpi itu tak kunjung datang, abaikan saja soal itu, biarkan waktu yang akan menjawabnya #eeeehhh
  • Ada baiknya juga semasa UN, lupain hal – hal lain yg bisa mengganggu konsentrasi belajar. contohnya pacaran
  • Tips sukses ujian itu ya BELAJAR bukan malah sibuk bikin status di fesbuk

hewan_belajar-ngitung

belajar berhitung

belajar-nyanyi

belajar-nyanyi

belajar ngaji

belajar ngaji

Belajar Sholat

Belajar Sholat

Belajar Sabar... karena kelas banjir ^_^

Belajar Sabar… karena kelas banjir ^_^

Belajar Berhitung

Belajar Berhitung

Bonusnya nih, gambar macam-macam kategori belajar…

Salam Mindset Pelajar Hebat !!!

(Farouk Amsyari)

Iklan

20 thoughts on “4 Tips Mudah Hadapi UN 2015 by Pakar Mindset

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s