Analisa SWOT Untuk Kesuksesan Diri Sejak Dini

I'm The Captain of My Life

I’m The Captain of My Life

Saya yakin sebelumnya Anda pernah mendengar istilah analisis SWOT, namun sebagian dari Anda mungkin Anda yang belum mengetahui bahwa analisis ini tidak hanya penting bagi perusahaan besar melainkan juga dapat diaplikasikan serta penting peranannya dalam evaluasi diri kita. Sedikit mengajak Anda mengeksplorasi ingatan, bahwa evaluasi ini mencakup empat hal antara lain Strength, Weakness, Opportunity, dan T…

Tidak ada salahnya kita melatih seberapa peka diri kita terhadap potensi-potensi yang masing-masing kita miliki. Siapa sangka kita akan menemukan sudut pandang baru yang lebih obyektif mengenai karakteristik Anda sendiri. Anda tak perlu ragu menilai diri Anda sendiri secara jujur. Bagaimana orang lain akan jujur pada kita jika kita tidak mulai jujur pada diri sendiri J?! Mari siapkan selembar kertas dan sebuah pena. Dapat Anda bagi empat kolom pada kertas, karena ada empat unsur yang akan kita jelajahi. Let’s check it out!!

Kolom pertama kita beri judul Strength. Strength ialah kekuatan atau kelebihan yang dimiliki. Sekarang silahkan Anda tuliskan lima hal yang menjadi kelebihan Anda dan tidak semua orang memilikinya. Makin sepsifik Anda menuliskan maka akan semakin jernih Anda mengenal siapa karakter diri Anda. Mungkin sebagian akan menuliskan hal yang belum spesifik, seperti “Saya pandai, baik hati, suka menolong, bla…bla…bla…”. Nah, coba Anda ganti dengan hal yang leih spesifik, hal yang tidak semua orang memiliki pada dirinya. Misal, “Saya pandai berpidato, saya suka membaca buku motivasi, saya pandai berkuda, dan seterusnya…”

Kolom kedua kita beri judul Weakness. Weakness adalah kelemahan atau hal negative dalam diri kita yang perlu kita singkirkan maupun kurangi. Terkadang sebagian orang akan merasa bergairah saat mengisi kolom strength sedangkan mulai gelisah dan tak jujur dengan diri sendiri di kolom kedua. Tenang, anggap saja tidak ada satupun manusia yang tahu. Karena tes sederhana ini bertujuan agar Anda makin paham manakah yang perlu dikurangi dan manakah yang harus dikembangkan dalam karakter Anda.

Dan judul kolom ketiga tentu Anda tahu, Opportunity. Opportunity merupakan peluang yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Dunia berlimpah dengan berbagai peluang, namun tak seorangpun mampu untuk menanganinya secara keseluruhan. Bahkan orang terkaya pun tak satupun memiliki perusahaan di semua lini kehidupan, pasti ada lini bisnis di mana ia tidak terjun. Orang tercerdas pun sama. Tidak satupun manusia ada yang mengetahui segala hal, namun setiap orang pasti mengetahui suatu hal yang belum tentu semua orang tahu. Maka kita pilih manakah peluang paling dominan yang sesuai dengan nilai lebih Anda. Misal seorang direktur tentu tidak mencari penghasilan tambahan dengan menjadi petugas kebersihan meski dirinya bisa menyapu dan bersih-bersih. Maka Anda tuliskan lima peluang apa saja yang paling membuat Anda bergairah.

Agar makin komplit di kolom keempat kita beri judul Threat. Secara makna Threat dapat diartikan sebagai ancaman atau tantangan. Kenapa kolom ini perlu? Karena hidup selalu dinamis. Anda yang saat ini tidak meningkatkan kualitas diri, meskipun Anda juara di lingkungan atau perusahaan, tahun depan belum tentu Andalah yang terbaik. Tahu sendiri bahwa kompetitor atau karyawan lainnya juga memiliki waktu dan potensi yang sama untuk mengejar kualitas dirinya menjadi yang terbaik. Atau bahkan karyawan baru yang fresh graduate karena memiliki lebih banyak core kompeten, peka terhadap perkembangan dunia teknologi, dan wawasan di bidang kerja. Tak hanya di perusahaan, sebagai guru maupun orangtua kita perlu terampil dengan internet, komputer, dan gadget agar mampu mengimbangi generasi muuda yang kita hendak bimbing.

Sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat. Jangan lupa artikelnya dikomen dan di-like ya #SahabatSukses …. 🙂

(Farouk Amsyari-Pakar Mindset)

Iklan

13 thoughts on “Analisa SWOT Untuk Kesuksesan Diri Sejak Dini

  1. Trisna Firmansyah berkata:

    mau dong Farouk Amsyari – Public Speaker ngisi motivasi pra-UN, MOS, PondokRomadhan, pas wisuda, training spiritual, istighosah, or tentang Tujuan Hidup d SMAN4Surabaya

    apalagi kalo juga ngajari public speaking 😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s